'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Penyaluran Kredit Mesra BJB untuk Kelompok Ekonomi Perempuan Aisyiyah
25 Agustus 2021 10:18 WIB | dibaca 196

Oleh: Ririn Dewi Wulandari (Wakil Seekretaris PWA Jabar)

        Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat bersama Bank Jabar Banten telah menandatangani MoU terkait Kerjasama Jasa Layanan Perbankan.  Penandatangan kesepakatan tersebut dilakukan di Kantor ‘Aisyiyah Jawa Barat pada 25 Agustus 2021. Kerjasama yang dilakukan oleh keduanya antara lain adalah kredit BJB Mesra yang bisa diakses oleh Kelompok Bina Usaha Ekonomi Keluarga yang digerakkan oleh ‘Aisyiyah.

           Kredit BJB Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) merupakan program kredit hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Bank BJB yang dirancang secara khusus untuk membantu memajukan usaha masyarakat hingga ke daerah pelosok. Produk kredit ini sebagaimana disampaikan oleh Denny Muladi selaku Kepala Divisi Kredit UMKM BJB, merupakan produk kredit yang tidak berorientasi pada profit.  Produk pembiayaan ini tanpa agunan dan bunga serta menawarkan segudang keringanan dan kemudahan bagi mereka yang hendak menjadi debitur.  Kredit Mesra ini bertujuan untuk menopang visi pembangunan perekonomian daerah Jawa Barat.  

        Acara penandatangan MoU yang diselenggarakan secara luring maupun daring tersebut, selain dihadiri jajaran Pimpinan Harian Aisyiyah Jawa Barat, hadir pula Nancy Adistyasari, yang merupakan Direktur Komersial dan UMKM BJB. Ia menyatakan dalam sambutannya, bahwa sebagai perempuan ia juga memiliki keinginan untuk memajukan dan mensejahterakan kelompok UMKM perempuan. Sehingga ia kemudian perlu menggandeng ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang modern dan maju serta mempunyai banyak binaan kelompok ekonomi di akar rumput.  

          Ia Kurniati, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat, dalam sambutannya menyambut baik  kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan BJB ini, dan ‘Aisyiyah siap berkontribusi terutama dalam menghubungkan BJB dengan kelompok ekonomi perempuan (BUEKA) binaan ‘Aisyiyah Jawa Barat yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Ia juga berharap kerjasama ini maslahat bagi umat dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Barat. Kerjasama antara PWA Jawa Barat dan BJB ini selanjutnya akan intens ditindaklanjuti dengan mempersiapkan piloting BUEKA dibeberapa daerah. Sebelum nantinya akan disebar luaskan di seluruh kabupaten dan kota yang menjadi wilayah kerja PWA Jawa Barat.

         Upaya ini tentunya menggembirakan, mengingat masih sedikitnya sumber modal yang bisa diakses oleh kelompok UMKM perempuan dengan syarat yang ringan.  Dibukanya akses kredit untuk perempuan tentunya juga tidak lepas dari hasil pemantauan bahwa perempuan lebih telaten dan disiplin dalam pengelolaan keuangan, dan diharapkan partisipasinya semakin meningkat dalam pengelolaan ekonomi dan kesejahteraan keluarga. 

Sumber foto: Dokumen PWA Jawa Barat

Shared Post: